Nusansifor

Nusantara Sistem Informasi

Belajar PHP dan MySQL dari NOL – Part II (code dasar PHP)

Code PHP

Ada satu konsep penting yang Anda butuhkan untuk mendapatkan pikiran Anda sekitar sebelum kita melangkah lebih jauh. Tidak seperti CGI script, yang meminta Anda untuk menulis kode untuk output HTML, PHP memungkinkan Anda embed kode PHP pada halaman HTML biasa, dan mengeksekusi kode PHP yang tertanam saat halaman diminta.

Perintah PHP tertanam ini diapit oleh khusus dalam tag awal dan akhir, seperti ini:

<?php
 
... Kode PHP ...
 
?>

Berikut adalah contoh sederhana yang menunjukkan bagaimana PHP dan HTML dapat dikombinasikan:

<html>
<head> </head>
<body>
 
Agen: Jadi, siapa yang Anda pikir Anda, bagaimanapun?
<br />
 
<?php
// Print output
echo 'Neo: Aku Neo, tapi orang-orang memanggilku Salah.';
?>
 
</body>
</html>

Anda tidak cukup tradisional “Hello, World” program … tetapi sekali lagi, aku selalu berpikir tradisi itu over-rated.

Simpan script di atas ke sebuah lokasi di bawah akar dokumen server Web, dengan. Php ekstensi, dan browse ke itu. Anda akan melihat sesuatu seperti ini:
Agen: Jadi, siapa yang Anda pikir Anda, bagaimanapun?
Neo: Aku Neo, tapi orang-orang memanggilku Salah.

Lihat source HTML:

<html>
<head> </head>
<body>
 
Agen: Jadi, siapa yang Anda pikir Anda, bagaimanapun?
<br />
Neo: Aku Neo, tapi orang-orang memanggilku The One.
</body>
</html>

Apa yang baru saja terjadi? Ketika Anda meminta script di atas, Apache dicegat permintaan Anda dan menyerahkannya ke PHP. PHP kemudian parsing script, mengeksekusi kode antara <?php?> marks dan menggantinya dengan output dari kode dijalankan. Hasilnya kemudian diserahkan kembali ke server dan dikirim ke klien. Karena output berisi HTML yang valid, browser mampu membuat itu untuk ditampilkan kepada pengguna.

Seorang dekat melihat script akan mengungkap aturan-aturan sintaksis dasar PHP. Setiap pernyataan PHP diakhiri dengan semi-colon. Konvensi ini identik dengan yang digunakan di Perl, dan menghilangkan semi-kolon adalah salah satu kesalahan yang paling umum pemula buat. Yang mengatakan, menarik untuk dicatat bahwa semi-usus besar tidak diperlukan untuk mengakhiri baris terakhir blok PHP. Tag penutup PHP termasuk semi-kolon, maka berikut ini adalah kode PHP yang valid sempurna:

<?php
 
// Print output
echo 'Neo: Aku Neo, tapi orang-orang memanggilku The One. '
 
?>

Ada juga kemungkinan untuk menambahkan komentar untuk kode PHP anda, seperti yang telah saya lakukan dalam contoh di atas. PHP mendukung kedua single-line dan multi-line comment blok:

<?php
 
// Ini adalah komentar baris tunggal
 
/* Dan ini adalah
multi-line
comment */
 
?>

Baris kosong dalam tag PHP diabaikan oleh parser. Segala sesuatu di luar tag juga diabaikan oleh parser, dan kembali seperti apa adanya. Hanya kode di antara tag dibaca dan dieksekusi.

Kasus Identitas

Variabel adalah roti dan mentega dari setiap bahasa pemrograman … dan PHP telah mereka juga. Sebuah variabel dapat dianggap sebagai konstruksi pemrograman yang digunakan untuk menyimpan baik numerik dan non-numeric data; isi dari variabel dapat diubah selama eksekusi program. Akhirnya, variabel dapat dibandingkan satu sama lain, dan Anda – programmer – dapat menulis kode yang melakukan tindakan spesifik berdasarkan perbandingan ini.

PHP mendukung beberapa tipe variabel berbeda: bilangan bulat, bilangan floating point, string dan array. Dalam banyak bahasa, itu penting untuk menentukan jenis variabel sebelum menggunakannya: misalnya, sebuah variabel mungkin perlu ditetapkan sebagai jenis atau tipe integer array. PHP memberikan kredit untuk sedikit kecerdasan, meskipun: itu otomatis variabel menentukan tipe dengan konteks yang sedang digunakan!

Setiap variabel memiliki nama. Di PHP, nama variabel didahului oleh satu dolar ($) simbol dan harus dimulai dengan huruf atau underscore, opsional diikuti oleh lebih huruf, angka dan / atau garis bawah. Sebagai contoh, $Popeye, $satu dan $PENGHASILAN adalah semua nama variabel PHP yang valid, sementara $123 dan $48hrs tidak valid.

Perhatikan bahwa nama-nama variabel di PHP bersifat case sensitive, jadi $saya adalah berbeda dari $Saya atau $SAYA.

Berikut adalah contoh sederhana yang menunjukkan variabel PHP:

<html>
<head> </head>
<body>
 
Agen: Jadi, siapa yang Anda pikir Anda, bagaimanapun?
<br />
 
<?php
//Define variabel
$name = 'Neo';
$pangkat = 'Anomali';
$SerialNumber = 1;
 
// Print output
echo "Neo: Aku <b> $name </b>, <b> $pangkat </b>. Anda bisa memanggil saya oleh nomor seri, <b> $SerialNumber </b>.";
?>
 
</body>
</html>

Di sini, variabel $nama, $pangkat dan $SerialNumber pertama-tama didefinisikan dengan string dan nilai numerik, dan kemudian diganti di echo () fungsi panggil. Echo () fungsi, bersama dengan print () fungsi, umumnya digunakan untuk mencetak data ke perangkat output standar (di sini, browser). Perhatikan bahwa saya telah menyertakan tag HTML dalam panggilan untuk echo (), dan mereka telah diberikan oleh browser dalam output. Anda dapat melakukannya juga. Benar-benar.

An Equal Music

Untuk menetapkan nilai untuk sebuah variabel, anda menggunakan operator penugasan: yang = simbol. Ini digunakan untuk menetapkan nilai (sisi kanan persamaan) ke variabel (sisi kiri). Nilai yang diberikan tidak perlu selalu tetap; bisa juga variabel lain, sebuah ekspresi, atau bahkan sebuah ekspresi yang melibatkan variabel lain, seperti di bawah ini:

<?php
 
$umur = $dob + 15;
 
?>

Menariknya, Anda juga dapat melakukan lebih dari satu tugas pada satu waktu. Perhatikan contoh berikut, yang memberikan tiga variabel nilai yang sama secara simultan:

<?php
 
$angle1 = $angle2 = $angle3 = 60;
 
?>

Bukan Tipe Saya

Setiap bahasa memiliki berbagai jenis variabel – dan PHP tidak terkecuali. Bahasa yang mendukung berbagai tipe data, termasuk angka sederhana, karakter, string dan tipe Boolean, dan lebih kompleks array dan objek. Berikut adalah daftar singkat yang dasar, dengan contoh:

  • Boolean: tipe variabel yang paling sederhana di PHP, sebuah variabel Boolean, hanya menetapkan nilai benar atau salah.
    <?php
    $auth = true;
    ?>
  • Integer: Sebuah integer adalah seluruh vanili biasa-biasa seperti nomor 75, -95, 2000 atau 1.
    <?php
    $age = 99;
    ?>
  • Floating-point: floating-point A nomor biasanya nomor pecahan seperti 12,5 atau 3,141592653589. Bilangan floating point dapat ditetapkan baik menggunakan desimal atau notasi ilmiah.
    <?php
    $suhu = 56,89;
    ?>
  • String: Sebuah string adalah rangkaian karakter, seperti “halo” atau “omong kosong”. Nilai string dapat tertutup baik dalam tanda kutip ganda ( “”) atau tanda kutip tunggal (”). (Quotation marks dalam string itu sendiri dapat “lolos” dengan garis miring terbalik (\) karakter.) Nilai-nilai String diapit oleh tanda kutip ganda secara otomatis di-parsing untuk karakter khusus dan nama-nama variabel, jika ini ditemukan, mereka diganti dengan nilai yang sesuai. Berikut adalah contohnya:
    <?php
    $identitas = 'James Bond';
    $mobil = 'BMW';
    // Ini akan menghasilkan string "James Bond mengendarai BMW"
    $kalimat = "$identitas mengendarai $mobil";
    echo $kalimat;
    ?>

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang tipe data PHP, kunjungi http://id.php.net/manual/en/language.types.php.

Nilai Pasar

Jika variabel adalah blok bangunan sebuah bahasa pemrograman, operator adalah lem yang memungkinkan Anda membangun sesuatu yang berguna dengan mereka. Anda sudah melihat salah satu contoh dari operator – operator penugasan -, yang memungkinkan Anda menetapkan nilai ke variabel. Sejak PHP percaya memanjakan Anda, itu juga datang dengan operator untuk aritmatika, string, perbandingan dan operasi logis. Cara yang baik untuk membiasakan diri dengan operator adalah menggunakan mereka untuk melakukan operasi aritmatika pada variabel, seperti dalam contoh berikut:

<html>
<head>
</head>
<body>
 
<?php
 
//Set jumlah
$jumlah = 1000;
 
//Set asli dan saat ini harga satuan
$origPrice = 100;
$currPrice = 25;
 
//Menghitung selisih harga
$diffPrice = $currPrice - $origPrice;
 
//Menghitung persentase perubahan harga
$diffPricePercent = (($currPrice - $origPrice) * 100) /$origPrice
 
?>
<table border="1" cellpadding="5" cellspacing="0">
<tr>
<td> Kuantitas </td>
Biaya <td> harga </td>
Current <td> harga </td>
Absolute <td> perubahan harga </td>
<td> Persen perubahan harga </td>
</tr>
<tr>
<td> <?php echo $kuantitas?> </td>
<td> <?php echo $origPrice?> </td>
<td> <?php echo $currPrice?> </td>
<td> <?php echo $diffPrice?> </td>
<td> <?php echo $diffPricePercent ?>%</td>
</tr>
</table>
 
</body>
</html>

Terlihat kompleks? Jangan takut – ini sebenarnya sangat sederhana. Daging dari script di atas, di mana aku telah mengatur variabel untuk biaya unit dan kuantitas. Selanjutnya, saya telah melakukan banyak perhitungan menggunakan PHP berbagai operator matematika, dan menyimpan hasil dari perhitungan mereka dalam variabel yang berbeda. Sisanya naskah berkaitan dengan tampilan yang dihasilkan perhitungan dalam tabel yang rapi.

Jika Anda ingin, Anda bahkan dapat melakukan operasi aritmatika secara bersamaan dengan tugas, dengan menggunakan dua operator bersama-sama. Kedua potongan kode di bawah ini adalah ekuivalen:

 
<?php
 
//Ini ...
$a = 5;
$a = $a + 10;
 
//... sama ini
$a = 5;
$a + = 10;
 
?>

Jika Anda tidak percaya, coba echo mereka berdua.

Merangkai Sesuatu Bersama

Mengapa berhenti dengan angka? PHP juga memungkinkan Anda untuk menambahkan string dengan string concatenation operator, yang diwakili oleh sebuah titik (.). Perhatikan:

<?php
 
//Set beberapa variabel string
$a = 'ayo';
$b = 'permainan';
$c = 'mulai';
$d = 'sekarang';
 
//Gabungkan dengan menggunakan operator Rangkaian
//Ini menghasilkan 'ayo permainan mulai sekarang <br />'
$perintah = $a. ' '. $b.' '. $c.' '. $d.' <br /> ';
echo $perintah;
 
//Dan ini menghasilkan 'mulai ayo permainan sekarang! "
$perintah = $c. ' '. $a.' '. $b.' '. $d.'! ';
echo $perintah;
 
?>

Seperti sebelumnya, Anda dapat menyatukan dan menetapkan secara bersamaan, sebagai berikut:

<?php
 
//Define string
$str = 'the';
 
//Menambah dan menetapkan
$str .= 'n';
 
//Str sekarang berisi "then"
echo $str;
 
?>

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang PHP aritmatika dan string operator, kunjungi http://id.php.net/manual/en/language.operators.arithmetic.php dan http://id.php.net/manual/en/language.operators.string.php.

Sumber: http://devzone.zend.com/node/view/id/625
Diterjemahkan oleh: http://translate.google.com dan disadur oleh jinbatsu (jwd)

zv7qrnb

, , , ,

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.