Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Ini dampak jika PPN galangan kapal dihapuskan
#1
[Image: 1668853438p.jpg]

JAKARTA. Industri galangan kapal tengah menunggu janji pemerintah yang akan segera menerbitkan Peraturan Pemerintah tentang pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk industri galangan kapal.

Anita Puji Utami, Direktur Utama Adiluhung Saranasegara Indonesia mengatakan, kebijakan itu akan memberikan dampak positif yang luas, baik untuk internal perusahaan maupun eksternal.

Dari sisi internal, kebijakan ini bisa membuat bisnis galangan kapal lebih leluasa berkembang. Sebab, beban yang tadinya untuk membayar PPN bisa dialihkan untuk pengembangan dan revitalisasi alat-alat galangan kapal. Jadi, kualitas dan kuantitas produk bisa ditingkatkan.

Sementara dari sisi eksternal, persaingan bisnis galangan kapal bisa menjadi lebih sehat. "Soalnya nanti jadi akan ada equal treatment antara galangan kapal di Batam dan di luar Batam," imbuh Anita, (11/9).

Selama ini, galangan kapal Batam bebas pajak karena memang dipersiapkan untuk ekspor. Tapi, ini tidak berlaku untuk galangan kapal diluar Batam. Hal ini membuat produk galangan kapal diluar Batam menjadi kurang kompetitif harganya.

Tidak berhenti sampai disitu, dengan pembebasan PPN, otomatis hal ini juga bisa dikembalikan kepada konsumen galangan japal, dalam hal ini industri pelayaran. Dengan adanya perbaikan kualitas akibat penghapusan PPN, maka galangan kapal bisa memberikan servis yang lebih baik kepada konsumennya.

Servis bisa berupa layanan atau harga yang lebih murah. Jadi, pelaku industri pelayaran bisa memperkecil biaya transportasi bagi para penumpang, misalnya. "Jadi secara keseluruhan ekonomi juga bisa berkembang jadinya," pungkas Anita.

sumber
Reply
#2
harus ada pajak pertambahan nilainya donk untuk penjualan kapal dari pihak produksi penggalangan kapal
Reply
#3
masih tetap mahal meskipun ppn di hapuskan
Reply
#4
Apakah ini akan mempengaruhi pendapatan negara secara drastis?
Ekselensi: Print Banner Murah daerah Jakarta, cocok untuk media promosi dan publikasi.
Reply
#5
betul sekali karena biaya untuk naik kapal itu aslinya murah tapi banyak bayar ke tiket masuknya bisa di istilahkan pungli
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)