Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Membersihkan Kompor Gas Dengan Mudah
#1
[Image: c5bab8fbc80486026519741d8bc017cf.jpg]
Perabot wajib yang ada di dapur adalah kompor gas yang memiliki peranan paling penting dalam urusan masak memasak. Kompor gas yang sering digunakan untuk memasak akan mudah kotor karena cipratan minyak, tumpahan sisa makanan, kuah, dan lainnya. Semua kotoran yang menempel di kompor gas lebih sulit dibersihkan karena terkena panas sehingga mudah lengket. Jika kotoran ini tidak segera dibersihkan maka akan menimbulkan pemandangan yang tidak menyenangkan dan terlihat menjijikkan. Bagaimana cara membersihkan kompor gas dengan mudahBerikut adalah beberapa cara untuk membersihkan semua noda yang menempel di kompor gas dengan mudah :

1. Menggunakan Air Panas
Air panas sangat efektif untuk mengangkat kerak dan kotoran membandel yang menempel di kompor gas. Cara membersihkannya yaitu dengan menyiram kompor gas dengan air panas atau air mendidih kemudian diamkan selama 15 menit. Teteskan Sunlight sebanyak 1-2 tetes pada busa kemudian gosok semua permukaan kompor gas dengan busa hingga semua kotoran terangkat. Siram dengan air bersih kemudian keringkan dengan lap.

2. Baking Soda
Baking soda ternyata sangat efektif untuk menghilangkan kotoran membandel pada kompor gas. Caranya yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air sehingga membentuk pasta kemudian oleskan pada permukaan kompor gas secara merata. Diamkan beberapa menit kemudian gosok dengan busa Sunlight dan bilas dengan air hingga bersih. Semua sisa minyak dan kotoran yang menempel dijamin hilang dengan mudah.

3. Jeruk Nipis
Jeruk nipis tidak hanya mampu menghilangkan kotoran di kulit wajah saja tetapi juga efektif untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kompor gas. Caranya yaitu potong jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian oleskan pada seluruh permukaan kompor gas secara merata. Diamkan selama beberapa menit lalu gosok dengan busa Sunlight hingga semua kotoran terangkat. Bilas dengan air hingga bersih dan keringkan dengan lap bersih.

4. Tepung Terigu
Tepung terigu sangat efektif untuk menghilangkan minyak dan lemak yang menempel dikompor gas. Caranya yaitu dengan menaburkan tepung terigu keseluruh permukaan kompor gas secara merata. Bersihkan dengan menggunakan lap kering hingga kompor terlihat benar-benar bersih.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan kompor gas dari noda membandel. Sunlight tidak hanya mampu membersihkan noda saja tetapi juga dapat menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel disemua perabotan dapur.     
Reply
#2
kalau yang lainnya tau kecuali pakek tepung terigu ternyata bisa membersihkan
Reply
#3
tips yang berguna sekali bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari di dapur thanks
Reply
#4
Terima kasih tipsnya, kayaknya istri saya harus baca ini,,,
Reply
#5
bisa saya praktekan di rumah langsung karena kompor di rumah sangat kotor
Reply
#6
Selalu takut kalau mau bersihin kompor gas, apalagi kompor portable di kosan. Anak kosan tinggal sendiri, kalo mau minta bantuan orang lain nggak mungkin juga setiap bulan, jadi akhirnya nyari tau. terima kasih ya info dan tipsnya ^^v
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)