Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Membersihkan Kerak Kotoran Pada Blok Mesin
#1
blok mesin sangat rentan mengalami kotor. blok mesin cukup sulit dibersihkan karena kandungan oli pada mesin cukup membandel. namun bukan berarti tidak mungkin membersihkan kerak kotoran pada blok mesin. ada bebearapa tips membersihkan kerak kotoran pada blok mesin. simak tips nya berikut ini.  

1. menggunakan air ditergen

mengapa pakai ditergen? bukanya ditergen adalah sabun untuk mencuci baju?. tekstur ditergen yang kasar berguna untuk mengangkat kerak kotoran pada blok mesin. blok mesin masih aman jika dibersihkan menggunakan ditergen. kami tidak merekomendasikan anda mencuci motor menggunakan ditergen karena akan menyebabkan cat pada body tergores.

2. menggunakan bensin/solar

bensin atau solar adalah cairan yang umum digunakan untuk membersihkan blok mesin. bensin atau solar sangat ampuh mengangkat kotoran oli yang menempel di mesin. namun cairan ini tidak efektif jika digunakan untuk mengangkat kerak. untuk tips seputar otomotif lainya, silahkan baca di autolapak

3. menggunakan pembersih wastafel

wastafel cukup efektif jika anda berniat mengangkat kerak pada mesin. tuangkan pembersih wastafel pada mesin blok lalu sikat permukaan mesin secara merata.

4. menggunakan asam cuka

Larutan asam cuka memang banyak dipakai untuk menghilangkan karat dari permukaan besi. Zat asam pada cuka akan meluruhkan karat sebagai hasil oksidasi besi dengan oksigen. Blok mesin, juga terbuat dari permukaan logam untuk itu anda bisa memanfaatkan asam cuka ini untuk membersihkan area permukaan mesin yang berkarat.

Caranya, sama seperti nomor tiga. Anda perlu membasahi area permukaan mesin yang berkarat memakai cuka ini dan gosokan menggunakan bantuan sikat. Tapi, larutan asam cuka memiliki efek merusak cat pada body motor. Untuk itu saat anda melakukan langkah ini pastikan tidak ada tetesan asam cuka ke body motor.

5. paint remover

ini adalah zat yang khusus diperuntukan untuk menghilangkan cat atau kotoran yang menempel di blok mesin. paint remover lebih dikenal sebagai soda api di bengkel bengkel kendaraan. cara kerja soda api adalah melelehkan kotoran dan cat pada blok mesin. oleskan soda api pada mesin, diamkan beberapa menit dan gosok menggunakan benda keras. jangan sekali kali menyentuh soda api secara langsung karena cairan tersebut akan melukai tangan anda.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)