Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Memilih Bibit Tanaman yang Berkualitas Tinggi
#1
Bagi beberapa orang tanaman adalah sebuah aset yang berharga. Karena lewat tanaman mereka bisa memperoleh aneka bunga dan buah yang menarik. Bagi sebagian orang memiliki jenis hobi merawat tanaman atau gardening adalah sebuah hal yang menyenangkan. Melalui merawat tanaman tersebut kesabaran dan ketelatenan seseorang bisa terlatih. Berbicara soal hobi menanam, tentu tak akan lepas dari bibit tanaman. Tanaman yang unggul selalu diawali dari pemilihan bibit yang baik dan tepat. Apakah Anda sudah mengetahui cara memilih bibit tumbuhan yang tepat? Jika belum maka ada baiknya Anda simak tips berikut ini.

Pemilihan bibit tanaman yang terbaik didasarkan karena beberapa sebab, misalnya:

Ingin tumbuhan yang ditaman memiliki batang, akar dan ranting yang kuat. Sehingga tidak mudah roboh saat sudah besar nantinya.
Bibit tumbuhan terbaik juga bisa menghasilkan buah yang baik. Misalnya saja buahnya yang berjumlah banyak dan daging buah yang cukup tebal.
Membeli bibit tumbuhan yang terbaik juga tak rugi karena hasil yang akan dituai nantinya akan sesuai dengan harapan.
Itulah beberapa alasan mengapa anda harus memilih bibit tumbuhan yang baik dan benar.

Untuk mendapatkan bibit tanaman terbaik anda bisa membelinya di toko bibit terdekat dengan rumah anda. Disarankan untuk bertanya tentang kualitas bibit tersebut saat anda hendak membelinya. Tak sedikit juga toko bibit yang memberikan deskripsi tentang kualitas bibitnya tersebut. Sehingga secara awam anda bisa lebih mengetahui kualitas tumbuhan dan buah yang berasal dari bibit tersebut.

Tak hanya melihat deskripsinya saja untuk mengetahui buah yang akan dihasilkan nantinya. Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri bibit tumbuhan yang baik. Antara lain adalah sebagai berikut:

Bibit yang baik biasanya memiliki daun yang warnanya hijau segar. Bahkan pada daun mudanya biasanya memiliki warna kemerahan. Lihat juga apakah daun tersebut sudah terkena hama atau belum. Selain itu jangan pilih daun yang sudah menggulung karena ini bisa mengindikasikan jika daun tersebut sudah terserang hama.
Bila bibit tersebut merupakan cangkok, pastikan bekas sambungannya terlihat rata. Karena sambungan yang tidak rata mengindikasikan jika proses cangkok tak cocok. simak juga informasi secara lebih mendalam tentang cangkok tanaman hanya di cumahobi
Jika bibit yang akan dibeli termasuk tumbuhan serabut, ada baiknya Anda sedikit mencari tahu keadaan akar serabut. Jika akarnya terlihat banyak dan subur berarti tumbuhan tersebut sehat.
Ternyata mudah bukan untuk memilih bibit tanaman yang baik dan berkualitas? Setelah menemukan bibit berkualitas pilihan Anda, segera pindahkan bibit tersebut pada tanah pekarangan rumah Anda ataupun pada pot. Namun jika Anda memindahkan pada pot, pastikan juga pot tersebut mampu menanggung beban tumbuhan tersebut beberapa waktu mendatang. Saat merawat bibit ini jangan lupa untuk rajin menyiraminya dan memberikan pupuk yang sesuai.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)