Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
INFORMASI Cara melakukan senam Kegel untuk wanita
#1
Sama seperti senam Kegel pria, senam Kegel wanita bisa dilakukan sambil berbaring, duduk, berdiri, atau berjalan kaki. Jika ini adalah pertama kalinya Anda mencoba latihan otot panggul bawah ini, sebaiknya lakukan sambil berbaring, dengan kedua lutut Anda menekuk. Posisi ini akan meminimalisir gaya gravitasi sehingga tubuh Anda lebih rileks.


Untuk menentukan letak otot dasar panggul, cobalah untuk mengencangkan otot di area vagina seolah Anda sedang menahan laju urine ketika buang air kecil. Otot yang berkontraksi itulah otot dasar panggul Anda.


Jika sudah mengetahui letak otot dasar panggul, simak cara melakukan senam Kegel wanita berikut ini.


1.Kencangkan otot panggul bawah Anda selama kira-kira 3 detik.
2.Selama mengencangkan otot ini, jangan menahan napas atau mengencangkan otot perut, paha, dan pantat
3.Lemaskan kembali otot panggul bawah selama 3 detik.
4.Ulangi latihan otot ini hingga 10 kali.
5.Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan ini sebanyak 3 kali sehari.


Setelah Anda terbiasa melakukan senam Kegel, cobalah untuk menahan otot dasar panggul lebih lama lagi. Mulailah dengan menahan selama 5 detik, sampai Anda bisa menahan selama 10 detik. Berikan jeda yang sesuai, yaitu 5-10 detik. Jangan lupa untuk bernapas seperti biasa selama melakukan senam Kegel wanita.


Anda bisa melatih otot dasar panggul di mana saja dan kapan saja, misalnya ketika duduk di balik meja kerja atau saat menonton televisi. Jangan menahan otot dasar panggul ketika Anda buang air kecil karena bisa membahayakan kandung kemih.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)