PHP Codeigniter – Memahami dasar dan pemanfaatan Controller

ci_sub_cronroller

Salam…

Sebagian besar web developer sudah menyadari akan keuntungan dari fungsi yang tersedia oleh Framework Codeigniter (CI). Pada prakteknya untuk membangun suatu sistim, sebagian besar memerlukan suatu base core dan juga sub base core, dalam artian, kita sebisa mungkin dan secermat mungkin untuk meminimalisir dalam peng-kode-an kita dalam perulangan, biasa disebut re-use-able. Contoh nya bisa diterapkan dalam penggunaan level user atau tampilan yang bisa kita atur lebih dari satu, biasanya minimal kita punya dua Frontend dan BackendΒ  sub base core.

Untuk mengatasi hal tersebut, di dalam CI ternyata tidak tersedia secara out of the box, akan tetapi dapat kita terapkan, dan tetap tanpa harus memodifikasi core sistem dari Framework CI.

OK, langsung saja pada peng-kode-an nya.

1. Kita membuat file di folder application/core/MY_Controller.php

Kode diatas adalah hanya contoh kasus, Anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan. Dalam kasus ini adalah dimana secara keseluruhan aplikasi akan di extends melalui MY_Controller, dalam artian sebelum mengakses ke controller harus melewati MY_Controller terlebih dahulu. Dengan begitu, maka kita dapat memanfaatkan setup default atau standar yang selalu digunakan dalam aplikasi yang akan kita bangun. Akan tetapi dalam kasus ini, kita ingin tidak hanya satu Default MY_Controller saja, melainkan dapat membuat sub MY_Controller, dalam artian aplikasi controller kita akan meng-extend Sub MY_Controller.

Kode diatas sudah mencukupi, jika kebutuhan aplikasi kita hanya memerlukan satu default.

OK, berikutnya kita akan membuat Sub dari MY_Controller, caranya adalah sbb.:

2. Membuat file didalam folder application/libraries/AdminController.php

Kode diatas adalah sub dari MY_Controller, yaitu AdminController, disini dapat kita atur default nya sesuai keperluan aplikasi. berikutnya kita akan coba langsung diterapkan dalam controller kita.

3. Buat file dalam folder application/controller/home.php

Kode diatas bukan meng-extend CI_Controller dan juga bukan extend MY_Controller, akan tetapi extend AdminController, disini kita dapat lebih leluasa untuk mengatur default, yang dapat kita ciptakan lebih dari satu default.

Untuk dapat menerapkan cara diatas, kita harus menambahkan script code dibawah ini.

4. Sisipkan code pada file di folder application/config/config.php

Letakkan kode diatas pada baris ke-dua atau tiga.

Sekian, semoga bermanfaat.

 

 

Sebarkan

You may also like...

4 Responses

  1. Aruel says:

    siipppp……. GAN …

    Share juga contoh buat CRUD byar tmbah ilmu gto
    hehehe……..

  2. Andre says:

    Good toturial πŸ™‚

Contoh penggunaan kode di komentar:
Klik CODE SYNTAX pada toolbar comment dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *