Forum Nusansifor

Full Version: Bronkitis Menyerang Anda? Ketahui Penyebabnya dan Pengobatannya
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
 
Berbicara mengenai penyakit yang dapat menyerang saluran pernafasan tentu tidak bisa terlepas dari namanya bronkitis. Secara sederhana ini merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus ataupun bakteri yang menyebabkan munculnya peradangan pada bagian saluran pernafasan atau organ utama yang disebut dengan paru-paru. Orang yang sudah mengidap penyakit ini tentu saja akan mengalami batuk secara berlebihan bahkan berlendir menebal dan pada bagian dada merasa nyeri. Jika sudah seperti itu tentu pengobatan merupakan salah satu yang harus dilakukan.
 
Sebelum membahas mengenai cara pengobatan penyakit bronkitis seperti apa saja, Anda perlu paham juga beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit tersebut muncul. Satu hal yang sering menjadi penyebab utama dan tidak disadari baik oleh masyarakat adalah kebiasaan merokok. Parahnya, bukan hanya perokok aktif saja yang mempunyai resiko penyakit tersebut tetapi juga mereka yang menjadi perokok pasif. Inilah yang terkadang membuat orang yang hanya menjadi korban asap rokok lebih kasihan. Meskipun terlihat sepele, jika tidak segera disembuhkan penyakit bronkitis akan semakin berbahaya.
 
Dalam dunia medis sudah sangat familiar sekali jenis bronkitis, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat pengidap penyakit tersebut yang cukup tinggi. Makanya Anda bisa menghindari bahaya tersebut dengan mengatur pola hidup yang lebih sehat. Jika sudah terserang, tentu saja harus segera melakukan pengobatan seperti:
 
  1. Istirahat yang cukup.
Segala bentuk penyakit itu bisa disembuhkan salah satunya dengan usaha melakukan istirahat yang cukup. Bahkan orang yang tidak mempunyai waktu istirahat cukup atau kurang itu mempunyai resiko terkena virus atau infeksi yang lebih besar lagi. Begitu juga dengan bronkitis yang akan berpotensi lebih besar lagi ketika Anda mempunyai masalah pada istirahat tubuh yang kurang.
 
  1. Konsumsi air cukup.
Percaya tidak percaya jika mengkonsumsi air putih yang cukup itu bisa menjadi salah satu usaha menyembuhkan penyakit bronkitis. Karena tubuh yang mengalami dehidrasi dapat membuat lendir semakin menipis. Selain itu air yang cukup bisa juga menjadi salah satu pengganti cairan tubuh yang hilang selama peradangan berlangsung.
 
  1. Penguapan.
Menghirup uap yang hangat merupakan salah satu usaha yang sangat direkomendasikan. Tidak perlu pergi ke dokter ahli, karena penguapan bisa juga dilakukan dengan cara yang mudah dan murah seperti menggunakan baskom yang sudah diberi air panas lalu diberi handuk lebar.
 
  1. Berkumur dengan air garam.
Sebenarnya usaha yang satu ini tidak bisa mengobati virus pada penyakit bronkitis yang diderita. Tetapi ini bisa menjadi salah satu usaha untuk meredakan gejala bronkitis yang lebih parah lagi. Jangan salah, usaha ini sudah langsung dilakukan penelitian dan hasilnya memang dapat mengurangi resiko penyakit yang lebih parah.
 
  1. Konsultasi dokter.
Meskipun cara-cara sederhana diatas bisa Anda lakukan dirumah sendiri tetapi yang paling penting juga tetap melakukan konsultasi dengan dokter ahli. Ini penting sekali untuk mengetahui seberapa parah penyakit yang Anda derita tersebut. Jangan sampai terlambat apalagi justru semakin parah.
 
Usaha-usaha diatas bisa Anda lakukan untuk memperkecil atau meringankan proses pengobatan yang dilakukan. Mungkin bagi beberapa orang yang belum paham sulit mengira apakah memang yang diderita tersebut flu biasa atau memang bronkitis. Inilah pentingnya kenapa bukan hanya mengetahui penyebabnya tetapi juga ciri dari penyakit tersebut. Tetapi tetap usahakan untuk menjaga kesehatan dengan baik, entah itu dari diri sendiri, lingkungan dan semuanya.