Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
INFORMASI Ini Tips Hemat Uang Mahasiswa Kosan Supaya Safe Hingga Akhir Bulan
#1
Ketika seseorang menjadi mahasiwa, maka kesiapan untuk menjandi lebih dewasa mandiri harus mulai timbul. Karenadi umur itu akan menghadirkan waktu-waktu yang sangat produktif yang memerlukan kedewasaan dan kemadirian. Dari mengatur jdwal kuliah, mengatur keuangan, mengatur pola hidup agar tetap sehat dan lain-lain.

Sisi positif menjadi mahasiswa adalah kita belajar untuk manajemen hidup. Mahasiswa dituntut untuk lebih bertanggung jawab atas apa yang telah menjadi pilihannya, termasuk kuliah jauh dari orangtua. Tidak selamanya kita bisa bergantung kepada orangtua. Maka, tak sedikit mahasiswa yang rela bekerja part-time untuk mencari uang saku tambahan.

Intinya kita harus memanajemen hidup kita sendiri. Apalagi ketika menjadi mahasiswa rantauan. Itu akan lebih membutuhkan tenaga dan fikiran ekstra jika ingin berhasil. Jangan selalu mengandalakan usaha orang tua, sebisa mungkin kita juga bisa mendapatkan uang tamabahan sendiri. Mungkin dengan mencari kerja part-time. Memang akan sengat lelah dan membosankan.

Ini ada beberapa tips untuk mahasiwa yang ingin menghemat keuangan agar lebih ter-manajemen.

1.     Buat Skala Prioritas

Ini cukup bekerja untuk kita yang masih mahasiswa, entah itu mahasiawa swasta, internasional atuapun dari program beasiswa lokal, coba kurangin pengeluran untuk hal-hal yang tidak kamu butuhkan. Jangan terlalu mementingkan keinginan dan bikin skala prioritas untuk keuanganmu. Namun tetap jangan bikin skala prioritas yang berlebihan, cukup buat yang memang benar-benar kamu butuhkan untuk kebutuhan kuliah dan harianmu.
 
2.     Masak Sendiri

Jika kamu mahasiwa rantuan yang hidup di kosan, coba untuk stok bahan makanan dan masak sendiri. Sediakan kompor kecil untuk kamu bisa masak sendiri, ini juga bisa berguna untuk menghemat pengeluaran kamu. Tapi tetap walaupun masak sendiri jangan masak makanan-makanan yang terlalu mewah, cukup yang sederhana saja namun tetap bergizi. Dan jangan selalu makan mie instan.
 
3.     Mencuci Pakaian Sendiri
 
Mungkin ini salah satu yang harus kamu lakukan ketika menjadi mahasiswa yang jauh dari orang tua. Mau tidak mau harus dilakuakn, karena jika kita tsering memakan jasa cuci pakaian/laundry biaya nya juga cukup mahal. Jadi coba belajar cuci pakaian sendiri. Ini pun akan mengasah kemandirian kamu nantinya.
 
4.     Carilah Kerja Part-Time

Jika kamu merasa kurang dengan uang saku kamu, jangan selalu mengandalkan orang tua, cobalah cari kerja paruh waktu atau part time. Disamping kamu bisa mendapatkan tambahan uang, kamu jika bisa mendapatkan pengalaman dan teman baru yang bisa menjadi relasi kamu. jika kamu mahasiswa dari universitas terbaik di Indonesia, jangan gengsi untuk mencari part time.
 
5.     Menabung

Ini yang paling sulit, karena godaan atau hal-hal tak terduga akan terus muncul ketika kamu ingin menyisihkan uang. Tapi bagaimanapun menabung adalah kunci kesuksesan jadi kamu harus bisa mengatur diri agar bisa menabung, tetap tahan keinginan kamu dan pentingkan kebutuhan

Apapun cara menghemat keuangan, lakukan dengan konsisten agar hasilnya terlihat. Jika kamu melakukan hemat keuangan saat melihat keuangan tinggal sedikit, tidak akan memberikan hasil.
Hamura Agency yang bergerak di bidang digital agency Jakarta siap memberikan kebutuhan digital perusahaan dan bisnis Anda. peace peace
Reply
#2
Wah bener banget nih informasinya . Dulu waktu masik kos pasti selalu masak sendiri, terutama untuk nasi, soalnya lebih hemat.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)