Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Boleh Saja Selfie di Galeri Seni, Asal…
#1
   

Perilaku pengunjung yang datang menyaksikan pameran seni di contemporary art gallery terkadang cukup asyik diperhatikan. Ada yang begitu khidmat membaca keterangan tentang karya seni, bahkan ada pula pengunjung yang jahil memegang-megang karya seni hingga tanpa sadar merusaknya. Namun yang paling menarik adalah mereka yang sibuk selfie ataupun wefie di dekat karya seni. 

Mereka yang suka selfie saat berkunjung ke pameran seni ternyata kerap mengunggah foto-foto mereka ke akun social media pribadi. Demi mendapatkan pose terbaik untuk update status di Instagram, hingga mendapatkan likes oleh para followers, berbagai cara mereka dilakukan. 

Padahal sebenarnya, mengunjungi galeri seni atau museum semestinya memiliki etika tersendiri. Ada aturan pada setiap galeri seni atau museum yang terkadang berbeda-beda. Meski mereka telah membayar sejumlah uang untuk membeli tiket masuk, namun sebagai tamu pengunjung harus tetap mengikuti aturan yang diberlakukan. 

Hal ini wajar, karena galeri seni memiliki aturan dan tata tertib yang bertujuan untuk menjaga keutuhan karya seni di dalamnya. Hal ini berbeda dengan karya seni yang ada di ruang publik, seperti mural atau patung di taman kota, mereka dapat bebas untuk bergaya saat selfie.  Sedangkan aktivitas selfie ataupun wefie ini menjadi masalah apabila dilakukan di dekat karya seni rupa, seperti patung atau karya instalasi berskala besar. 

Pasalnya, karya seni yang jadi ajang selfie biasanya menarik perhatian pengunjung. Untuk itu, harus melihat karakter karya seni tersebut. Bila karakternya dari bahan yang mudah rusak seperti keramik misalnya, maka butuh kehati-hatian dari para pengunjung saat selfie di dekatnya. Hal ini bisa jadi dikarenakan masih kurangnya apresiasi pengujung yang menikmati pameran seni, sebagai dampak belum maksimalnya proses edukasi dalam menghargai karya seni seperti halnya di luar negeri.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)