Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Cegah Wabah Difteri Agar Tidak Menjangkiti Anak
#1
Difteri yang mewabah di Indonesia pada dasarnya memang bukan hal yang baru lagi, bahkan penyakit yang rentan menyerang anak-anak ini pernah mendapatkan julukan sebagai wabah luar biasa yang harus diwaspadai oleh siapa saja. Karena memang angka kematian yang disebabkannya kian bertambah. Apalagi untuk mereka yang tergolong masih awam di dalam mengenai gejala awal dari penyakit tersebut. Beberapa orang tua mungkin hanya menganggap kondisi yang satu ini sebagai radang tenggorokan biasa, namun ternyata ada penyakit yang berbahaya, inilah yang paling sering terjadi, sehingga pengobatan yang dilakukan sudah dalam kondisi kronis, sulit untuk disembuhkan.

Difteri ini sangat berbahaya karena memang bakteri penyebabnya, yaitu Corynebacterium bisa memicu komplikasi dengan organ-organ tubuh yang lain, seperti diantaranya adalah paru-paru hingga jantung, inilah yang menyebabkan sebagian banyak diantara penderitanya meninggal dunia. Bakteri ini bisa menular pada manusia lewat udara, seperti batuk atau bersin yang disebabkan oleh penderitanya, ketika kekebalan tubuh sedang menurun, maka akan semakin mempermudah terserang penyakit tersebut.

Lalu bagaimana cara untuk mencegah penyakit tersebut, berikut ini yang harus dilakukan:

1. Menjaga kebersihan tempat tinggal, faktanya memang kebanyakan diantara bakteri penyebab difteri ini bersarang di lingkungan yang kotor, sehingga mulai sekarang ada baiknya untuk menjaga kawasan tempat tinggal, memperhatikan kebersihannya, tak hanya difteri, lingkungan yang kotor dapat memicu penyebab berbagai penyakit berbahaya lainnya.
2. Melakukan vaksinasi, kini sudah ditemukan vaksin yang dapat menangkal serangan dari bakteri Corynebacterium yang dapat menyebabkan difteri, sudah tersedia di rumah sakit besar, sehingga para orang tua sudah mulai menvaksinasi buah hati agar tidak sampai terjangkit, vaksinasi ini juga penting dilakukan ibu yang sedang hamil.
3. Mencukupi asupan nutrisi mereka, penting juga untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, salah satu diantaranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, menu makanan yang sehat ini membantu kekebalan tubuh tetap terjaga, sehingga dapat melawan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. Anak dengan kekebalan tubuh yang lemah pada dasarnya memang lebih mudah terserang penyakit, termasuk infeksi difteri.
4. Istirahat secara cukup, selain dengan konsumsi menu makanan yang bergizi, maka langkah lainnya yang dapat digunakan untuk meningkatkan berbelanja tubuh adalah dengan memperbanyak waktu istirahat, sehingga nantinya sistem imuns kian kuat untuk mencegah serangan penyakit.

Sebaiknya sejak usia dini para orang tua juga sudah mulai memperkenalkan pentingnya olahraga bagi mereka, caranya mudah yaitu dengan mengajak buah hati untuk bersepeda atau jogging di kala weekend. Bisa juga dengan membiasakan mereka dengan olahraga menyenangkan layaknya renang dan sepak bola, sehingga sampai dewasa nantinya si kecil juga akan terus gemar dengan aktivitas fisik semacam ini.

Referensi situs kesehatan klikdokter
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)