Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Mengenal Hutang Jangka Panjang Beserta Keuntungannya dalam Bisnis
#1
Thumbs Up 
Dalam bisnis, Hutang Jangka Panjang (Liabilitas Tidak Lancar) adalah sebuah kewajiban membayar tunggakan kepada pihak kedua dengan rentang waktu lebih dari satu tahun. Yang termasuk ke dalam jenis ini adalah waktu pembayaran bukan berapa banyak hutang yang dibuat. Dengan kata lain, berapapun hutangnya jika dibayar lebih dari satu tahun, akan termasuk ke dalam hutang jenis ini.

Misalnya adalah hutang yang dibuat oleh PT. Mulia Karya Pratama. Walaupun jumlah hutangnya 10 miliar rupiah, apabila dibayar dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun akan termasuk sebagai Hutang Jangka Pendek. Namun karena mereka memilih untuk pembayaran lebih dari 10 tahun, maka termasuk sebagai Hutang Jangka Panjang seperti yang telah ditentukan sebelumnya.

Walaupun sifatnya memberatkan perusahaan lantaran harus membayarkan uang pinjaman setiap bulannya, peminjaman hutang jangka panjang ternyata memiliki dampak positif atau keuntungan tersendiri. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari liabilitas tidak lancar adalah:


1. Mengurangi Pajak

Dalam setiap bulannya, seorang pemilik usaha yang melakukan pinjaman dana pasti harus membayar angsuran. Dengan kata lain, iuran pembayaran tersebut akan mengurangi pendapatan total mereka pada setiap periodenya. Hal tersebut ternyata berdampak baik terhadap pajak yang harus dibayarkan. Sebab, mereka tidak perlu membayar pajak besar karena pendapatan telah dikurangi uang pinjaman.

2. Lebih Baik dari Dividen



Tidak semua pemilik usaha mau menerima penanaman modal atau investasi dari pihak lain. Sebab, mereka harus memberikan dividen setiap periodenya. Lebih dari itu, mereka juga menganggap jika suku bunga dari dari pinjaman hutang lebih kecil dibandingkan harus memberikan 'bagian' penghasilan kepada pihak investor.

Singkatnya, beberapa pemilik usaha lebih baik untuk meminjam dana dalam jangka panjang dibandingkan harus membagi penghasilan kepada pihak investor yang menanamkan modal di usahanya.




Mau tau jenis dari Hutang Jangka Panjang? Silahkan baca di sumber artikel di bawah ya:

Baca Disini: Mengenal Hutang Jangka Panjang Beserta Keuntungannya dalam Bisnis
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)