Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Sedang Populer Omelet Arnold Bennet, Ini Kisahnya!
#1
[Image: 1688-omelet-pada-zaman-dulu-disiram-madu.jpg]
Untuk anda yang tinggal di Jakarta, pasti anda tahu bahwa sekarang sedang heboh-hebohnya Jakarta Meets London dari Fairmont. Salah satu menu makanan yang bisa anda coba khas london adalah Omelet Arnold Bennet dari Hotel Savoy. Apa atau siapa Arnold Bennet ini? Arnold Bennet adalah seorang penulis dari Inggris termahsyur pada zamannya. Jika diibaratkan sekarang, Arnold Bennet adalah JK Rowling yang berjaya pada eranya. 

Namun jika JK Rowling lebih memilih untuk menulis di rumahnya, Arnold Bennet lebih suka menulis di tempat-tempat lain yang menjadi favoritnya. Salah satunya adalah Hotel Savoy yang berada di pinggir Northbank Thames River yang terkenal di London, Inggris. Menurut penuturan kepala alias Executive Sous Chef restoran Hotel Savoy, Arnold pernah menginap cukup lama di hotel itu untuk menyelesaikan penulisan bukunya. Selama tenggang waktu yang lama itu, setiap pagi pula Arnold Bennet selalu memesan omelet sesuai seleranya sendiri. Saking hafalnya restoran itu dengan selera Bennet, restoran pun mengapresiasinya dengan membuat menu baru terinspirasi dari seleranya. Omelet Arnold Bennet ditampilkan di menu restoran Hotel Savoy sejak 1920. Sudah hampir satu abad ya! 

Namun kenapa sih, Hotel Savoy sampai membedakan menunya? Apa yang membuat omelet Bennet begitu spesial dan berbeda? Ternyata, Arnold Bennet suka sekali omelet yang dimasak dengan gaya terbuka dan menambahkan keju gruyere, saus Hollandaise, dan ikan haddock asap. Menurut Chef Fransisco Fernandez sebagai kepala restoran hotel Savoy, omelet Arnold Bennet ini tidak sulit untuk dibuat. Anda penasaran ingin membuatnya di rumah? Panaskan wajan dan lelehkan blueband secukupnya. Kocok telur lalu tuangkan dan biarkan beberapa detik. Setelah itu taburkan saus Hollandaise dan keju gruyere, serta taburan ikan haddock. Tapi, rasa omelet Bennet yang anda buat mungkin tidak akan sama dengan yang asli. Kenapa? Meskipun anda tau bagaimana trik cara memasak omelet ala chef profesional yang dulu sudah pernah Blueband bahas, bahan-bahan dalam omelet Bennet ini termasuk sulit untuk didapatkan di Indonesia, terutama di supermarket yang hanya menjual bahan-bahan masakan rumahan. Keju gruyere dan saus hollandaise sangat langka bahkan di retail besar. 

Di Fairmont Jakarta sendiri, ikan haddock tidak digunakan dalam membuat omelet Bennet ini. Ikan haddock tidak ada di perairan Indonesia. Membawanya langsung dari perairan Inggris akan membuat kondisi ikan kurang segar ketika dimasak dan mengurangi cita rasa omelet Bennet. Namun, chef restoran Hotel Savoy tidak kehabisan akal! Mereka menggunakan daging lobster yang rasanya mirip dengan ikan haddock. Benar-benar professional ya. Jika anda penasaran, anda bisa langsung segera ke Fairmont Jakarta dan mencicipinya langsung. Atau, anda juga bisa ke restoran-restoran di luar negeri yang menyediakan menu omelet Bennet ini. Loh? Berarti bukan khas Hotel Savoy, dong? Resep ini adalah kepunyaan Arnold Bennet, bukan kepunyaan Savoy. Arnold Bennet selalu meminta dimasakkan resep ini kemanapun dia pergi. Semoga ada di Indonesia segera ya!

Atau jika anda berkesempatan mengunjungi Hotel Savoy di London langsung, selain omelette Bennet, mereka juga punya menu-menu lain yang didasarka atas resep kesukaan pengunjungnya. Contohnya tokoh sejarah terkenal, mantan perdana menteri Inggris, Winston Churchill memiliki resep kesukaannya sendiri di restoran ini. Apa kira-kira makanan kesukaan orang yang berjasa dalam sejarah ini? Nantikan cerita Blueband pada pembahasan berikutnya!


Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)