Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Kejelian Sukanto Tanoto Memanfaatkan Alam Indonesia
#1
Sukanto Tanoto – Untuk bisa memanfaatkan sumber daya alam Indonesia secara optimal dan mampu datangkan profit pastinya bukan menjadi hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Akan ada banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan supaya bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada tanpa harus menimbulkan kerugian bagi negara pastinya.
Dengan mewujudkan pengolahan yang baik didukung dengan adanya sumber daya manusia pasti akan bisa mewujudkan pengelolaan sumber daya alam negara dengan optimal. Nah, dari sekian banyaknya pebisnis yang mampu lakukan hal tersebut, salah satunya adalah Sukanto Tanoto. Ia adalah sang pebisnis sukses dan handal yang mampu merajai sektor kertas dan kelapa sawit di Indonesia. Kejelian Sukanto Tanoto dalam memanfaatkan alam Indonesia mampu mengantarkannya menuju kesuksesan dan menjadi kebanggaan Indonesia.
Sukanto Tanoto Mencari Kesuksesan Dengan Merantau
Setelah pindah dari Belawan ke Medan, Sukanto Tanoto lanjutkan bisnis onderdil mobil dan mulai kembangkan bisnis general contractor dan supplier. Awalnya ia terjun di bisnis general contractor saat ia bertemu dengan Sjam, seorang pejabat Pertamina dari Aceh. Saat itu ia langsung mengiyakan tawaran untuk berbisnis dalam bidang contractor. Ia juga sempat membangun rumah dan instalasi pipa di Pangkalan Brandan dan sempat juga membangun lapangan golf di Prapat.
Tetapi, Sukanto Tanoto tak puas dengan bisnis contractor yang ia geluti. Saat situasi impor kayu lapis di Singapura ke Indonesia hadapi hambatan, ia lantas berinisiatif mendirikan perusahan kayu yang diberi nama CV. Karya Pelita di tahun 1972. Disaat masih belum ada pebisnis Indonesia yang produksi kayu lapis, Sukanto Tanoto menjadi pelopor produsen kayu lapis yang mereguk kesuksesan. Ia lalu ubah nama perusahaannya menjadi Raja Garuda Mas di tahun 1973, dan mulai mengekspor kayu lapis merk Polyplex buatannya ke beberapa negara yang ada di kawasan Eropa dan Timur Tengah.
Sukses jalankan bisnis kayu lapis asli buatan dalam negeri dengan memanfaatkan alam, Sukanto Tanoto mulai merambah ke bidang bisnis pulp, kertas, juga rayon dan mulai memasok bibit unggul pohon penghasil pulp ke Indonesia. Tapi, karena dinilai mencemari lingkungan danau toba, sehingga perusahaannya sempat ditutup.
Kejadian ini pasti menjadi pelajaran paling berharga bagi Sukanto Tanoto. Ia lantas mendirikan pabrik baru di Riau yakni Riau Pulp. Disanalah ia mulai buka hutan tanaman industri dan mendirikan pabrik pulp yang konon kabarnya adalah pabrik pulp terbesar di dunia. Di Riau Sukanto Tanoto juga mulai ajak masyarakat setempat untuk membentuk komunitas pengembang yang memprakarsai pembuatan jalan, penggemukan sapi, pertanian, dan berbagai aksi bermanfaat yang lainnya.
Sukanto Tanoto kini mempunyai banyak bisnis diluar bisnis pulp dan juga kayu lapis. Ia mempunyai bisnis bank, properti, dan perkebunan kelapa sawit. Sempat dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia di tahun 2006 sontak tak membuat ia berhenti untuk terus belajar. Sukanto Tanoto gemar membaca buku dan selalu membawa buku kemana pun ia pergi. Tak jarang pula ia ambil cuti untuk ikuti berbagai kursus singkat. Ia anggap dirinya adalah siswa profesional abadi yang tidak pernah berhenti untuk terus belajar guna mendapatkan ilmu – ilmu dan inspirasi baru untuk kemajuan dirinya.
Menurutnya, tidak pernah berhenti belajar adalah salah satu pelajaran paling berharga yang bisa diberikan Sukanto Tanoto untuk selalu memotivasi semangat generasi muda di Indonesia.
Reply
#2
Banyak orang yang merantau dan sukses karena semangat dan kegigihan serta kerendahan hatinya. Tapi banyak pula orang yang merantau tapi tidak sukses karena sombong
Hubungi Hipnoterapijakartabekasi.com untuk memperoleh cara cepat mengatasi emosi berlebihan
Reply
#3
orang yang merantau harus lebih kuat daripada yang tidak merantau kalo dia tidak mau kembali dengan sia-sia
Web & Graphic Design Jakarta www.kamarupa.co.id
Reply
#4
merantau yang membawa kan hasil bukan berupa uang melainkan membawa kemajuan dan perkembangan
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)