Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Cari Kamera Baru yang Tepat untuk yang Masih Awam
#1
 
Kamera menjadi gadget yang sekarang ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat seiring dengan hobi fotografi yang semakin berkembang. Ada banyak jenis dan type kamera yang dijual di pasaran sehingga kerap kali membingungkan para pencarinya terutama bagi mereka para pemula yang baru akan mencoba hobi fotografi tersebut. Kamera digital sendiri memiliki beberapa jenis misalnya kamera pocket, DSLR, dan mirrorless yang semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi Anda para pemula yang ingin membeli kamera, berikut ini adalah tips cari kamera baru yang bisa Anda gunakan agar mendapatkan kamera sesuai dengan kebutuhan:
 
  1. Budget dana.
Sebelum memilih berdasarkan point pemilihan lainnya, ada baiknya Anda menentukan budget dana yang akan dialokasikan untuk membeli kamera tersebut. Budget dana akan langsung menyortir pilihan kamera yang bisa dibeli dan memberikan batasan kelebihan serta fitur yang dimiliki. Untuk harga di bawah Rp. 2 juta Anda akan mendapatkan sebuah kamera pocket ataupun kamera polaroid. Sedangkan kamera DSLR serta mirrorless baru bisa dimiliki jika Anda mempunyai budget sebesar Rp. 5 juta keatas.
 
  1. Sensor.
Bagi pemula sebaiknya memilih kamera dengan tips sensor full frame. Hal ini dikarenakan tipe kamera ini akan memberikan hasil foto yang sama dengan apa yang ditampilkan di view finder tanpa ada yang dikurangi. Dengan begitu Anda bisa mengatur hasil jepretan dengan menentukan angle maupun melakukan zoom in dan out jika lokasi tak sesuai. Selain kamera dengan sensor full frame, ada juga kamera dengan sensor APS-C yang lebih kecil namun juga lebih ringan, serta kamera Fourthird dengan sensor lebih kecil lagi namun dengan harga yang lebih mahal.
 
  1. Resolusi kamera.
Bagi Anda yang ingin memiliki sebuah foto untuk dicetak dalam ukuran besar, maka memilih kamera dengan resolusi besar bisa menjadi pilihan. Dengan begitu foto yang Anda ciptakan tak akan kabur atau pecah jika dicetak dengan ukuran lebih dari 10R atau bahkan dicetak sebagai iklan baliho. Namun jika membeli kamera hanya untuk kebutuhan digital misalnya untuk bersosial media, Anda tak perlu terlalu memikirkan mengenai resolusinya.
 
  1. Fitur image stabilizator.
Bagi pemula, sering sekali mengambil gambar yang blur akibat fokus yang kurang kena. Hal ini disebabkan karena fokus diambil terlalu jauh atau karena tangan yang gemetar saat mengambil gambar. Jika terjadi pada Anda, pilihlah kamera yang memiliki fitur image stabilizator untuk hasil yang lebih baik.
 
Itulah point-point pemilihan yang bisa Anda gunakan untuk memilih kamera terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tips cari kamera di atas juga bisa ditambah dengan fitur apa lagi yang perlu ada di kamera tersebut misalnya ukuran LCD atau lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)