Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Ini Dia Daftar Buku-buku Karya Raditya Dika
#1
Siapa sih yang tidak kenal dengan Raditya Dika, seorang penulis buku yang juga sebagai komika, sutradara, penulis skenario film, hingga pemeran film. Kalau melihat karyanya, Raditya Dika ini memang super sekali. Ia fokus dengan apa yang disukainya, namun juga dikembangkan melalui media lain.
Kalau melihat asal keberhasilannya, Raditya Dika ini sangat menyukai dunia penulisan, khususnya membuat buku novel yang diadaptasi dari kisah-kisahnya. Dari kesukaannya menulis ini akhirnya dikembangkan melalui berbagai media, yaitu stand up comedy, skenario film, dan memproduksi film yang mayoritas diadaptasi dari karya bukunya.
Buku pertama Raditya Dika
Nama Raditya Dika mulai melejit ketika buku pertamanya diluncurkan, yaitu buku yang berjudul Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh. Buku ini diterbitkan pada tahun 2005. Melalui buku inilah nama Raditya Dika mulai terkenal.

Banyak orang yang menganggap judul bukunya ini unik karena mengambil nama hewan. Akan tetapi sisi lain adalah buku yang dibuatnya ini ternyata berasal dari tulisan-tulisannya di blog Raditya Dika. Raditya Dika mulai menjadi sosok bloger yang mampu menghasilkan karya buku dari tulisan di blognya.
Buku pertamanya ini mengisahkan pengalaman hidupnya semenjak kuliah di Australia. Dengan dikemas dalam bentuk buku harian, buku ini ternyata banyak menyita perhatian khususnya anak-anak mudah. Humor cerdas yang ada di buku ini pun juga memikat para pembaca anak muda untuk memilikinya.
Buku kedua cerita tentang cinta
Akhirnya Radit kembali menelurkan karya buku lagi. Kali ini konsepnya lebih ke cerpen. Judul bukunya Cinta Brontosaurusyang diterbitkan selang satu tahun setelah buku pertama rilis, yaitu tahun 2006. Seperti judul, buku ini mengisahkan soal cinta. Kisah cinta Radit yang tidak semulus kisah cinta rekan-rekannya. Bahkan di buku diceritakan kisah cinta pertamanya saat masih SD.
Radikus Makankakus buku ketiganya
Nah, di buku ketiga ini judulnya juga unik, Radikus Makankakus : Bukan Bintang Biasa. Diterbitkan tahun 2007, jadi dalam 3 tahun Radit sangat konsisten mengeluarkan karya bukunya.
Dalam buku ini lebih mengkisahkan kehidupan Radit seperti menjadi pengajar Bimbel, hingga menceritakan tentang kutukan orang NTB. Menarik.

Buku ke-empat dan ke-lima Raditya Dika
Meski baru Agustus 2007 Radit meluncurkan buku ketiganya, di April 2008 Radit kembali mengeluarkan buku terbarunya yang berjudul Babi Ngesot : Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang. Buku ini juga sempat menyita perhatian karena judulnya yang aneh tapi lucu.
Kemudian di tahun 2009, kembali mengeluarkan buku lagi, kali ini judulnya Marmut Merah Jambu. Buku ke lima Raditya Dika ini sempat ada perbaikan, karena dari informasi yang akan diterbitkan pada pertengahan Desember 2009, menjadi mundur karena ada beberapa bagian atau isi yang ingin ditambahnya lagi.
Manusia Setengah Salmon, Buku ke Enam Raditya Dika
Di akhir tahun 2011, Radit kembali menelurkan karya bukunya lagi. Judulnya masih seputar hewan, tetapi isinya bukan tentang hewan. hehe. Seperti buku-buku sebelumnya, Manusia Setengah Salmon ini juga dikemas dengan unsur komedi. Di buku ini juga banyak cerita mengenai pengalaman pribadi Radit.
Buku ke Tujuh terpaut jauh
Tidak seperti buku-buku sebelumnya yang setiap tahun diterbitkan, buku ke tujuh dari Raditya Dika kali ini diterbitkan pada tahun 2015, judulnya Koala Kumal.
Di buku ini tetap mengusung konsep komedi, namun isinya mengenai kisah-kisah hidup Radit bersama teman-temannya dan keluarganya. Tidak hanya itu, kisah soal patah hati juga diceritakan di buku ini.
Ubur-ubur Lembur, Buku terbaru Raditya Dika
untuk novel ubur ubur lembur, kami tidak dapat menulasnya disini karena keterbatasan space. maka dari itu bila anda ingin membaca ulasan lengkap mengenai novel terbaru karangan raditia dika ini, anda dapat menemukanya di website bukukamus 
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)