Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Perkembangan Sepeda Motor Dari Dulu Sampai Sekarang
#1
Apakah anda memiliki sepeda motor? Pastinya punya, sebab data menyebutkan populasi sepeda motor di Indonesia ada sekitar 85 juta unit. Bayangkan! Berarti bisa dipastikan bahwa setiap rumah memiliki setidaknya satu sampai dua sepeda motor. Mengapa bisa sebanyak itu peminat sepeda motor? Sebab, bodynya yang lebih kecil dari pada mobil membuat sepeda motor menjadi rajanya jalanan, alias bisa nyelip waktu macet.
Bahkan di Asia, Indonesia menjadi negara nomor 3 paling banyak menggunakan sepeda motor, warbiasa ya. Dari banyaknya sepeda motor yang digunakan di Indonesia, tentunya banyak variasinya, mulai dari motor metik, motor gigi dan yang terakhir motor kopling dan bahkan ada salah satu inovasi yang terbaru adalah sepeda motor listrik, nah kira-kira punya kalian yang mana? Jawabnya dalam hati aja ya! Sepeda motor yang kita gunakan saat ini pastinya juga melewati masa panjang, bisa sampai menjadi sepeda motor canggih.
Sejarah Sepeda Motor
Pertama kalinya sepeda motor dibuat pada tahun 1896 oleh Ernest Michaux (Perancis), Edward Butler (Inggris) dan Gottlieb Daimler (Jerman). Motor yang mereka rancang ini mengusung sebuah teknologi yang sampai saat ini masih digunakan, misalnya seperti Twin-Cylinder, 4 valve, water cooler dan bermesin 1.500 cc.
Pada perancangan sepeda motor ini Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Ia meletakkan sebuah mesin ditengah (di antara roda depan dan belakang) dan kemudian dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Kemudian sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (bahasa Jerman, yang artinya mobil tunggangan), walaupun sebenarnya kendaraan itu adalah sepeda bermotor. Kemudian dipasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna, sehingga sepeda motor ini juga merupakan kendaran pertama di dunia yang memakai bahan bakar minyak bumi.
Sepeda motor ini memiliki kecepatan 10 km per jam dan 700 – 900 putaran permenit, kemudian setelah rampung, sepeda motor tersebut diperkenalkan dan kemudian test ride pada 10 Nopember 1885 dengan menunjuk putranya sebagai rider.  Disinilah titik awal sejarah sepeda motor dimulai.
Pekembangan Sepeda Motor
Dari mulai bentuk jadul seperti astuti sampai motornya si boy anak jalanan, tentunya perubahan tersebut tak lepas dari banyaknya penemuan-penemuan yang baru karena setelah berhasilnya uji coba motor pertama di dunia rakitan dari Gottlieb Daimler dan teman-temannya, barulah mulai bermunculan sepeda motor yang baru, mulai dari motor gede sampai motor bebek dan matic yang biasa kita gunakan.
1902 – Triumph
Merek Triumph sudah lama dikenal sebagai sepeda motor asal Inggris. Sejak pertama kali diproduksi pada 1902, kemudian motor inipun beredar dan terkenal ke seluruh dunia hingga sampai ke Indonesia. Namun sayangnya sejak tahun 1970-an motor Triumph sudah tidak lagi masuk ke Indonesia, dan kemudian di tahun 2012 merek Triumph kembali muncul di Tanah Air.

1903 – Harley-Davidson
SEorang insinyur bernama William Sylvester Harley lulusan dari  universitas Wiconsin dan Arthur Davidson adalah dua sahabat yang menjadi otrang yang berpengaruh sekali dalam motor Harley, sebab mereka adalah perancang motor fenomenal sepanjang sejarah bernama tersebut.
Awal mula tebentuknya motor HD (harley davidson) dimulai pada tahun 1901.  Dimana pada saat itu harley dan davidson pada saat itu berusia 21 dan 20 tahun. Ide untuk membuat sepeda bertenaga mesin tercetus saat Harley bekerja sebagai juru gambar dan Davidson sebagai perancang pola di pabrik sepeda di Milwaukee, wiconsin.
Pada tahun 1903 Harley dan Davidson membangun sebuah bengkel motor yang diberinama ‘Harley Davidson Motor Co’. Dari bengkel inilah sebuah motor berselinder tunggal dengan kekuatan 3DK berkelir hitam tercipta dan diberi nama HD DeDion.
Karena terlalu cepat usang, rangka barupun Davidson kemudian di rancang. Tahun 1904 tren motor dengan bahan bakar bensin mulai diperkenalkan Davidson dan hasilnya sangat mencengangkan, masyarakat begitu meminatinya bahkan hingga saat ini. Dua motor sekaligus mereka ciptakan. V-Twin yang pertama adalah dengan memakai mesin dua silinder dengan konfigurasi huruf  ‘V’  diciptakan pada tahun 1909. Inovasi ini, tercatat paling fenomenal dalam sejarah perkembangan HD. Dengan suara ngebass bergemuruh, sungguh memberikan kesan macho !
Pada tahun 1905,  mereka kemudian berhasil membuat 11 unit motor, pada tahun 1908 meningkat menjadi 154 motor. Sampai pada akhirnya mereka memiliki sebuah pabrik motor, yang awalnya hanya terbuat dari papan, kebetulan yang membuat adalah ayah dari Davidson. Pabrik kecil ini kemudian berkembang, salah satu anggota keluarga Davidson, William, kemudian ikut bergabung. Akhirnya mereka merekrut 20 orang karyawan, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja.
Tahun 1909, Bill Harley membuat proyek mesin V twin 1000 cc. Kala itu mesin ini bisa menghasilkan 7 horsepower. Mesin dengan konfigurasi V-twin 45 derajat menjadi ciri khas dari.
1945 – Vespa
Vespa motor merupakan sepeda motor asal Italia, vespa pertama yang dikenal sebagai Vespa 98cc. Vespa juga sering disebut dengan lebah besi. Motor rakitan asal Italia ini ternyata baru mulai di produksi pada akhir perang dunia kedua. Pada saat itu sistem perekonomian di Itali memang berada didalam keterpurukan (krisis)
Kemudian seorang pria berkebangsaan Italia, yakni Enrico Piaggio, mengambil alih sebuah perusahaan milik ayahnya Rinaldi Paggio. Perusahaan miliki ayahnya ini awalnya memproduksi peralatan seperti kapal, kereta api lalu beralih ke pesawat terbang.
Kemudian karena krisis perekonomian melanda, akhirnya Enrico Piaggio memutarhaluan untuk mendisain alat transportasi murah. Terilhami teknologi pesawat terbang, dengan body alumunium seperti layaknya pesawat terbang dan diadaptasi dari roda pesawatnya juga, dibantu Corradino D’Ascanio Enrico, konstruksi suspensi mono shock memudahkan alat transportasi 150 cc ini saat penggantian ban. Pada tahun 1945 vespa pertama kali diciptakan. Sedangkan namanya sendiri diambil dari kata ‘west’ yang artinya binatang penyengat ataw lebah. Maka dari itu sepeda motor  buatan Enrico Piaggio disebut sebagai lebah besi.

perlu anda ketahui bahwa motor jenis vespa memiliki penggemar fanatik di indonesia. penasaran seperti apa penggemar vespa fanatik di indonesia. silahkan simak informasinya di website motoraja
1946 – Honda 

Setelah vespa di perkenalkan diseluruh dunia dan banyak dipakai orang, barulah seorang warga negara Jepang bernama Soichiro Honda. Beliau lahir pada 17 Nopember 1906 di Hamamatsu, Shizuoko, Jepang. Nah yang harus kalian ketahui motor Hodan yang sering kalian pakai ini adalah miliki dari seorang industrialis tak bergelar alias di drop out dari kuliahnya.
Walau sudah sesukses saat ini, namun bukan berarti dirinya tidak pernah mengalami kegagalan. Sebelumnya beliau juga pernah bekerja  di bengkel Hart Shokai company pada tahun 1922 saat usianya masih 15 tahun. Berbekal pengalaman membantu pada bisnis ayahnya sebagai reparasi sepeda, Honda muda begitu cekatan dan berprestasi di bengkel tempat kerja barunya.
Dia juga menjadi sebagai penggagas roda- roda dari logam pada mobil yang awalnya dari kayu. Dan pada tahun 1937 Honda mematenkan karyaya tersebut dan bahkan telah diekspor ke seluruh dunia. Dan dari sinilah Honda mulai membuka sebuah industri berat milikinya sendiri yang diberi nama Tokai Seiki Heavy Industri.
Bengkel tersebut membuat piranti ring piston. Namun karena tidak memenuhi standard, piranti tersebut pun ditolak oleh pihak Toyota. Namun Honda tak pernah putus asa dengan kegagalan yang menimpa dirinya. Iapun bangkit dan mulai kuliah lagi untuk mendapatkan ilmu dalam penyempurnaan penciptaan pirantinya.
Dari kegigihannya dalam belajar kembali dapat  membuat suatu perkembangan pada ilmu yang dimilikinya, Toyota pun menerima pirantinya. Namun lagi-lagi, cobaan demi cobaan datang dan salah satunya adalah musibah Gempa bumi dan pemboman Hiroshima yang menyebabkan pabrik miliknya luluh lantah.
Dari kejadian tersebut, Honda pun mulai merintis kembali dari awal dan  sampai pada akhirnya di tahun 1947 menjadi titik balik keberhasilan Honda. Honda mendirikan sebuah pabrik, dan dirinya menciptakan sebuah sepeda motor. Lalu dengan strategi pemasaran yang baik dan cerdas, motor ciptaannya ini mampu bersaing secara ekspor dengan Harley Davidson dan Triumph. Bahkan di Indonesia sendiri, Motor keluaran Honda memiliki banyak peminat dan bisa dibilang jika Honda menduduki market paling atas dari pada jenis kendaraan roda dua lainnya, Dan pada tahun1991 Soichiro Honda meninggal dunia.
1952 – Suzuki 
Pembuat sepeda motor Suzuki adalah Michio Suzuki, seorang Doktor lulusan Illions USA. Perjalanan karirnya berawal sebagai seorang pebisnis pembuatan alat tenun yang kemudian bangkrut pada saat perang dunia II dan beralih ke motor.
Motor pertama yang ia ciptakan adalah Power free, motor dengan didukung oleh mesin yang memungkinkan pengendara untuk mengontel. kapasitas 35 cc, single cylinder, 2 stroke dengan 2 sprocket system. Setelah itu barulah lahir kembali motor ciptaannya yang lain yakni Diamond free dengan engine 60 cc dan pada 1954 Colleda mesin 90 cc dengan single cylinder dan 4 stroke mampu memproduksi 6000 unit dalam sebulan.
Jenis keluaaran Suzuki Motor Co. Ltd diantaranya adalah Colleda 125 cc 4 stroke, Colleda ST 125 cc, T500 thn 1967, GT500 tahun 1977, GS750, GT750, GS 1000 tahun 1978, GSX 1000 1980, GSX 1100 katana tahun 1982, GSX R750, GSX R1100, GSX 1300R. Suzuki pun kian populer sebab dengan Mesin powerfull,  gaya modern dan harga yang tidak terlalu mahal. Dan Suzuki menjadi motor pertama yang menggunakan sistem elektrik starter pada motor Colleda tahun 1954 jauh sebelum di gunakan oleh kompetiter motor lainnya.
1954 – Kawasaki
Motor yang satu ini memang sudah memiliki nama besat saat ini. Di Indonesia sendiri, jenis motor sport dan Trail dari Kawasaki memiliki perkembangan yang cukup pesat. Dan dibalik itu semua tak terlepas dari yang punya, ia adalah Shozo Kawasaki.
Kawasaki sendiri awalnya adalah sebuah pabrik yang bergerak dalam bidang kapal, perakitan kapal, lokomotif, pesawat, motor, misil, kapal selam, super tanker. Namun pada perang dunia II berubah menjadi tempat pembuatan baja dibawah naungan Kawasaki Steel Corp. Tahun 1949, karena kerjasamanya dengan BMW di bidang pesawat terbang, awal pertama kawasaki memproduksi motor roda dua dengan mengadopsi teknologi BMW jerman.
Dan untuk pertama kalinya lahirlah motor dengan kekuatan 2 stroke 60 cc, kemudian 4 stroke 150 cc dan 250 cc. Perlu diketahui, Kawasaki dianggap sebagai ‘king of Four Stroke‘ oleh Honda, Yamaha dan Suzuki. Beberapa jenis keluaran dari Kawasaki adalah Z97 ( 500 cc rocker-valve, 250 cc, 350 cc), single cylinder dan twin cylinder 650 cc dan 500 cc,  W1650 tahun 1966 dengan power 47 HP pada 6500 RPM, W1SS dengan exhaust muffler tahun 1967,  W3 sebagai penyempurnaan W2SS yang mengadopsi dual disc front brake pada tahun 1973, W tahun 1974, A1 250 cc dan A7 350 cc. Dan dari segi pemasaran di Indonesia, motor keluaran sportnyalah yang paling memiliki banyak penggemar.
1955 – Yamaha 
Mengikuti jejak Honda. Pembuat motor yang satu ini juga berasal dari Jepang. Ia adalah Torakusu Yamaha lahir dari keluarga samurai di Nagasaki pada 20 April 1851. Beliau menjalani karirnya sebagai seorang  interior instrument. Kemudian ia menciptakan organ ciptaannya dibawah perusahaan Yamaha Fukin Manufacturing yang membuatnya terkenal dengan logonya Tiga Garpu Tala sekaligus menobatkannya ke penjuru dunia sebagai pencipta organ pertama di jepang.
Lalu di tahun 1955 ia mendirikan sebuah pabrik alat musik Nippon Gakki di Hamamatsu. Pabrik ini juga membuat sepeda motor sebagai pengaplikasian ilmu yang awalnya dia dapat pada saat memproduksi baling2 pesawat terbang sebelum perang dunia dua. Motor pertama yang ia ciptakan adalah Atakombo ataw YA1 alias Red Dragon Fly ataw capung merah. Single silinder 2 stroke, berkekuatan 125 cc.
Dari situlah ia terus menciptakan berbagai motor, seperti di tahun  1957 Yamaha menciptakan Twin Cylinder YDI 175 cc. Dari situ ia mampu memenangkan Race Mount Asama di jepang dengan jumlah produksi 15.811 unit. Sampailah pada tahun 1959, dimana ia mengeluarkan motor sport pertama YDSI, dengan 5 kecepatan gearbox.
Kesuksesannya semakin meningkat, sebab di tahun 1960 produksi motor sportnya meningkat hingga 6 kali lipat dan terkenal sebagai pabrikan pembuat motor 2 tak terbaik untuk varian YDS250 cc dan YRI 350 cc dengan penerapan sistem autolube untuk pencampuran oli secara otomatis. Perkembangan demi perkembangan terus berjalan hingga di tahun 1970 Yamaha telah menciptakan 20 jenis motor mulai dari 50 cc hingga 350 cc dan telah melebarkan sayapnya dengan mendirikan pabriknya di Thailand hingga terkenal dan diminati ke seluruh manca negara sampai sekarang, terutama Indonesia.
Dari dulu hingga saat ini kini sepeda motor terus berkembang dengan inovasi-inovasi terbaru, jika rata-rata sepeda motor digunkan dengan bahan bakar bensin, namun dengan banyaknya penemuan terbaru. Kini sudah ada sepeda motor listrik.  Yang artinya motor ini jalan tidak menggunkan bensin melainkan dengan tenaga listrik dan motor listrik yang yang terbaru adalah Avionik, unikkan?
Dari mulai penemuan motor pertama kalinya di dunia sampai saat ini sepeda motor sudah bisa digunakan dengan tenaga listrik, kita dapat melihat bahwa perkembangan otomotif memang benar cukup pesat bukan?
Reply
#2
Sepeda motor di Indonesia sudah banyak di Indonesia, mulai dari yang matic sampai bebek.
Harganya juga bervariasi, dengan dp yang sama haha
makanya banyak yang di antara kita yang bisa mendapatkan motor secara mudah dan cepat haha
Pribadi sih, saya prefer matic di jalanan Jakarta yang macet ini. Lebih asik dan gak cape hahaha
Usaha sampingan menjadi Agen Pulsa untuk menambah pundi uang Anda.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)