Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Rutin Lari? Coba Terapkan 6 Tips Lari Layaknya Professional
#1
Kalau ngomongin soal olahraga yang praktis dan gratis, lari atau jogging pasti jawaban di depan mata. Bukan cuma jadi gaya hidup masa kini aja, tapi banyak yang juga menjadikan lari untuk jadi kegiatan professional. Untuk kamu yang hobi lari, yuk simak tips jogging biar bisa lari a la profesional!
Konsisten
Tips pertama dari hobibanget untuk pelari professional adalah dengan bersikap konsisten. Selama berolahraga, pastikan kamu menjaga stamina yang konsisten dari awal hingga akhir. Yang terpenting dalam berolahraga adalah bukan menjadi ambisius di awal, namun menjaga stamina agar tetap konsisten dan stabil dari awal hingga garis finish. Dengan mengatur tubuh tetap konsisten, kamu bisa lebih mudah untuk meningkatkan kemampuan berlarimu lagi.
Perhatian posisi tubuh
Berlatih dan mengetahui posisi tubuh yang baik dan benar akan membantumu dalam berlari agar terasa lebih ringan dan juga nyaman. Pastikan kamu memposisikan kepala dalam keadaan tegap dan menghadap ke depan. Posisikan juga bahumu dalam posisi rendah, longgar dan santai. Saat berlari, usahakan juga menjaga tubuhmu sedikit condong ke depan untuk menyeimbangkan badan dan juga memudahkanmu meringankan badan saat berlari. Tapi, pastikan posisi tubuhmu tidak terlalu condong ke depan karena bisa menyebabkan tekanan berlebih pada lutut dan punggung. Untuk lengan, pastikan kamu menggerakkan lenganmu berayun dengan seirama. Pastikan juga kamu berlari secara perlahan tanpa suara.
Gunakan sepatu yang tepat
Saat berolahraga, terutama berlari, sepatu adalah perlengkapan yang bisa dibilang cukup penting. Pemilihan sepatu pasti akan mempengaruhi kualitas dan juga performa larimu tersebut. Jadi, untuk kamu yang berniat untuk lebih maksimal dalam berlari, pastikan kamu menggunakan sepatu dengan ukuran yang tepat, tidak kekecilan dan juga tidak kebesaran. Menggunakan sepatu dengan ukuran yang tidak tepat bisa menimbulkan cedera.
Jaga kandungan air mineral
Saat berlari, tubuhmu pasti akan kehilangan banyak cairan. Nah, untuk menghindari registrasi, pastikan kamu menjaga kandungan air mineral dengan tepat. Usahakan untuk mengonsumsi air mineral sebelum berlari dan juga tetap menjaga kandungan air mineral dalam tubuh saat kamu berlari. Usahakan konsisten terus mengonsumsi air mineral setiap satu atau dua jam sekali saat berolahraga. Itu dia sebabnya sangat disarankan untuk membawa botol minum atau air mineral saat berolahraga. Selain itu, kekurangan air mineral saat berolahraga juga dapat mengakibatkan pusing atau bahkan keram karena kekurangan kandungan air mineral tersebut. Jadi, pastikan kamu terus menjaga kandungan air mineral ya!
Isi perut seadanya
Banyak yang berpendapat bahwa kita harus mengisi perut sebelum melakukan olahraga agar tidak drop atau malah jatuh sakit. Teorinya memang benar. Namun, mengonsumsi terlalu banyak makanan sebelum berolahraga justru juga dapat menimbulkan keram perut, karena saat berlari, tubuh dan bagian perutmu akan terus terguncang-guncang, itu dia sebabnya mengapa perutmu bisa terasa keram saat mengisi perut terlalu banyak sebelum berolahraga.
Solusinya, usahakan untuk mengisi perut seadanya, bisa dengan satu atau dua lembar roti tawar, pisang, atau oatmeal.
Lakukan hal lain untuk meningkatkan kemampuan
Kalau kamu berniat untuk terus meningkatkan kemampuan di luar berlari, kamu bisa memaksimalkan kemampuan dengan melakukan hal-hal di luar berlari. Mulailah berlari dengan melakukan yoga, stretching, dan juga olahraga lain di samping lari yang dapat mendukung peningkatan kualitas berlarimu.
Selain tips-tips di atas, untuk kamu yang hobi lari, yuk share dong tips untuk menjadi pelari professional a la kamu!
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)