Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
INFORMASI Pengertian Pipa HDPE Dan Cara Pemasangannya
#1
Wink 
Pipa Hdpe atau pipa High Density Polythylene merupakan salah satu jenis pipa yang terbaik dibanding pipa lainnya. Jenis pipa Hdpe ini mempunyai sifat yang lentur atau elatis. Sehingga pipa ini mudah untuk dipasang. Selain itu juga mudah untuk menyambungkan serta dapat mengikuti pergerakan tanah. Jenis pipa Hdpe ini merupakan pipa yang terbuat dari bahan PE. Sehingga banyak berbagai orang yang menyebutnya dengan jenis pipa pe dengan keretakan yang rendah. 
 
Jenis pipa hdpe ini merupakan pipa yang kuat sehingga pipa ini juga dipercaya untuk dapat mengaplikasi air minum di seluruh Dunia. Pipa hdpe yang sering dijual diberbagai toko yaitu jenis pipa dengan merk mavin. Sebab pipa ini merupakan jenis pipa Hdpe yang mempunyai sertifikat SNI. Pipa Hdpe ini merupakan jenis pipa dengan produk yang istimewa sebagai slauran pipa air bersih dengan standar food grade.
 
Keunggulan Pipa HDPE
 
Pipa hdpe ini mempunyai banyak keunggulan. Bahan dasar pipa ini terbuat dari material thermi plastik Hdpe dari bahan minyak bumi yang merupakan hal istimewa. Diantaranya yaitu tidak mudah rusah, sebab mempunyai tingkat kekuatan serta kelenturan yang tinggi. Sedangkan untuk tingkat keretakan pipa ini cukup rendah sebab mempunyai ikatan antar molekul material. Sehingga saling terikat dengan kuat satu dengan yang lainnya. Material Hdpe atau bahan PE-100 ini telah sering digunakan untuk berbagai peroduksi perlatan rumah tangga dan lainnya. Bahan yang tidak mudah rusak dan mengakibatkan pencemaran akan membuat produk ini berstandar food grade. Artinya yaitu aman untuk berbagai peralatan makan serta minuman.
 
Pemakaian jenis material produk pipa Hdpe ini mempunyai fungsi serta keistimewaan yang tidak berbeda. Aplikasi produk ini sangat cocok jika digunakan untuk mendukung saluran air besih yang bertekanan. Sebab jenis material ini tidak mudah rusah serta tidak mencemari aliran fluida. Sehingga membuat pipa Hdpe ini berstandar food grade. Keistimewaan tersebut yang membuat jenis pipa ini dapat bekerja terhadap berbagai tekanan.
 
Cara Pemasangan Pipa HDPE
 
Secara umum penyembungan dari pipa Hdpe ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan paku thermo plastik. Yaitu akan lebih meleleh pada saat dipanaskan. Namun dengan sendiri kemudian akan mengeras pada saat keadaan dingin atau suhu kembali normal.
 
· Compression Joint
 
Jenis metode penyambungan pipa Hdpe ini juga dapat anda lakukan tanpa menggunkaan bahan perekat dan mesing penyambung pipa. Sebab cara ini juga hanya cukup memakai beberapa aksesoris atau fitting pipa Hdpe dengan tipe mechanical joint. Caranya yaitu pertama lepas pada bagian akeseoris pipa. Kemudian bersihkan ujung pipa tersebut. Pasanglah union atau rubber ring pada ujung pipa tersebut. Selainjutnya kencangkan akesoris pada pipa.
 
Metode ini dapat dengan mudah dilakukan serta dapat dipelajari dalam waktu singkat saja.
 
·Butt Fusion
 
Metode kedua yaitu penyambungan pipa Hdpe dengan menggunakan cara pemanasan. Jenis metode ini dapat dilakukan dengan mesin Hdpe khusus yang dikenal dengan welding machine. Prinsip kerjanya yaitu dengan memanaskan pada bagian ujung pipa tersebut dengan ujung pipa atau aksesoris. Sehingga dapat terjadi persenyawaan yang cukup sempurna.
 
· Electro Fussion
 
Jenis metode ini yaitu penyambungan dengan teknik pelelehan. Teknik ini juga dapat dilakukan dengan memakai mesih penyambungan serta aksesoris yaitu electro fitting. Pertama yaitu bersihkan ujung pipa, kemudian sambunglah ke mesin tersebut. Selanjutnya hubungkan electroda dan kemudian persenyawaan sempurna pada bagian sambungan pipa.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)