Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
5 Metode Memasak Ini Bisa Menjaga Nutrisi Makanan Anak Tetap Awet
#1
[Image: 3fdecdc6-73ac-4487-b8af-ea4cf786337c.jpeg?w=400&q=90]
Banyak cara untuk memasak dan mengolah makanan. Sayangnya, beberapa proses memasak justru mengurangi sumber nutrisi dan vitamin yang ada di dalam makanan.

Selain memilih bahan makanan yang segar dan sehat, peralatan masak multifungsi dan metode memasak juga memegang peranan yang penting agar makanan tetap sehat. Berikut metode memasak yang lebih sehat, agar makanan si kecil tetap bernutrisi.

1. Rebus

Metode memasak dengan merebus, biasanya banyak digunakan untuk mengolah sayuran. Metode memasak ini dinilai paling gampang, praktis, dan tentunya jauh lebih sehat dibandingkan menggorengnya.

Agar lebih terasa, tambahkan garam ke rebusan sayuran. Menurut dokter Abbie Gellman, banyak sayuran yang justru antioksidannya lebih tinggi setelah dimasak. Seperti likopen yang mampu menangkal radikal bebas di tubuh. Salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk direbus, ada tomat dan wortel yang memiliki tingkat likopen dan beta-karoten lebih tinggi setelah di masak.

2. Kukus

Mengukus sayuran, ayam, hingga ikan dapat membantu mempertahankan semua vitamin dan nutrisi yang ada dalam makanan. Salah satu sayuran yang paling baik dikukus ada brokoli, ketika dikukus sayuran hijau ini dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di tubuh karena adanya kandungan glukosinolat.

Namun menurut ahli gizi Sara Haas, menggunakan metode kukus dibutuhkan lebih banyak bumbu dan rempah, karena jika tidak rasanya akan sedikit hambar dan tidak enak. Cek tips mengukus sayuran yang enak di sini.

3. Panggang

Untuk mendapatkan hasil masakan yang enak tanpa harus kehilangan nutrisi yang ada, metode panggang bisa jadi pilihan. Selain sayuran yang rasanya jadi lebih gurih ketika dipanggang, daging ayam, sapi, hingga ikan juga enak dipanggang dan jauh lebih sehat dari metode masak lainnya.

Akan tetapi, hindari memanggang makanan atau daging dalam suhu yang tinggi, karena akan memproduksi reaksi kimia antara lemak dan protein dalam daging, sehingga menimbulkan racun yang dapat merusak keseimbangan antioksidan dalam tubuh.

4. Tumis

Meski menumis membutuhkan sedikit minyak di wajan, tapi metode memasak ini jauh lebih sehat. Penggunaan minyak, bisa diganti dengan minyak zaitun agar lebih sehat. Salah satu yang paling bagus ditumis, ada potongan daging kecil, dan aneka sayuran.

Beberapa penelitian menemukan bahwa menumis sayuran dengan sedikit minyak zaitun, dapat meningkatkan antioksidan yang ada di dalam makanan. Apalagi kandungan minyak zaitun yang baik untuk jantung dan lebih ramah di tubuh.

5. Panci bertekanan

Panci bertekanan atau pressure cooker terbuat dari aluminium atau stainless steel yang tebal, dilengkapi penutup agar uap panas dapat mematangkan makanan dengan sempurna. Metode memasak ini dinilai cukup sehat, karena proses masak yang cepat sehingga nutrisi dalam makanan tidak terurai dalam proses memasak.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)