Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Memilih Dokter Gigi Untuk Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui
#1
Perawatan gigi pada anak memang harus dilakukan sejak dini. Tujuannya adalah agar ketika dewasa tidak timbul berbagai masalah pada gigi anak. Merawat gigi anak dapat Anda lakukan secara rutin setidaknya 6 bulan sekali. Proses ini dapat Anda lakukan dengan membawa anak ke dokter spesialis Pedodonsia. Akan tetapi, sebelum membawa anak berkunjung ke dokter gigi ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah tips memilih dokter gigi untuk anak. 
 
Sesuaikan dengan kebutuhan
Sebelum memilih dokter gigi, Anda harus menyadari bahwa anak memiliki karakteristik gigi yang berbeda dengan orang dewasa. Oleh sebab itu, jangan membawa anak Anda ke dokter gigi umum.  Ini dikarenakan meskipun cakupan jasa perawatannya luas tetapi penanganannya cenderung tidak mendalam.
 
Sebaiknya, Anda mengunjungi dokter gigi spesialis anak untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, penanganan yang dilakukan oleh dokter gigi Pedodonsia tentu lebih mendalam karena merupakan bidang spesialisasinya. 
 

Pertimbangkan kualitas perawatan
Secara umum, cukup mudah bagi Anda untuk menentukan sebarapa berkualitasnya perawatan gigi oleh dokter. Caranya yaitu dengan mengukur berapa lama hasil perawatan gigi dapat bertahan. Misalnya, hasil perawatan dokter menunjukkan bahwa tambalan gigi anak mudah lepas dan timbul lubang di sekitar area tersebut.
 
Kondisi ini tentu saja membuktikan betapa buruknya kualitas perawatan gigi oleh dokter yang bersangkutan. Akan tetapi, tahan lamanya hasil perawatan tidak sepenuhnya bergantung pada dokter gigi. Kerja sama dari pihak pasien yaitu orang tua juga sangat menentukan.
 
Pastikan perawatan menyeluruh
Tips memilih dokter gigi untuk anak yang kedua adalah memastikan bahwa perawatan dilakukan secara menyeluruh. Dokter gigi yang baik terlebih lagi spesialis anak tentu harus memperhatikan dengan detail kondisi gigi pasiennya. Perhatian tersebut dapat ditunjukkan dokter dengan melakukan perawatan gigi anak secara menyeluruh.
 
Agar masalah gigi pada anak dapat diketahui dengan jelas, maka dokter bisa melakukan proses rontgen. Setelah rontgen, dokter bisa memutuskan rencana perawatan gigi anak kepada Anda selaku orang tua.
 
Pemeriksaan klinis beserta tindak lanjutnya
Tahap perawatan gigi pada anak memang membutuhkan penanganan khusus oleh dokter gigi spesialis Pedodonsia. Perawatan ini meliputi proses pemeriksaan klinis secara menyeluruh pada gigi anak. Kali ini, dokter gigi akan melakukan inspeksi seluruh gigi, gusi, lidah, bibir, pipi bagian dalam hingga kulit di sekitar wajah dan leher. Setelah pemeriksaan selesai, dokter akan menginformasikan kepada Anda mengenai rencana perawatan gigi anak yang direkomendasikan.
 
Biaya perawatan yang rasional 
Sebenarnya, biaya perawatan gigi anak yang berkualitas tidak melulu mahal. Ini dikarenakan soal besar kecilnya biaya akan ditentukan oleh jenis perawatan dan dokter gigi yang Anda pilih. Persoalan biaya memang perlu diperhatikan akan tetapi bila perawatan gigi tersebut benar-benar bermanfaat untuk anak, maka tidak usah terlalu dikhawatirkan. Disamping itu, Anda juga harus mempersiapkan kemungkinan adanya biaya tambahan pada saat perawatan gigi anak sedang berlangsung.
 
Rekomendasi dari orang terdekat
Memilih dokter gigi spesialis anak yang tepat memang penting untuk dilakukan agar hasil perawatan maksimal. Tips memilih dokter gigi untuk anak harus Anda lakukan secara selektif. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menanyakan rekomendasi dokter gigi ke orang terdekat seperti sahabat, kerabat hingga anggota keluarga.
 
Logikanya, orang terdekat pasti menginginkan yang terbaik untuk anak Anda. Oleh karena itu, mereka tidak akan sembarangan dalam merekomendasikan dokter gigi. Jadi, jangan pernah ragu untuk bertanya sebelum memilih dokter gigi untuk anak Anda.
 
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)